Pakan Ikan Arwana Super Red, Apa Saja?

Pakan Ikan Arwana Super Red – diantara banyaknya jenis ikan arwana, Ikan Arwana super red mempunyai daya tarik tersendiri. Ikan hias air tawar asli Indonesia ini digandrungi baik oleh kolektor dalam negeri maupun luar negeri. Ikan arwana super red ini memang dikenal ikan hias yang perawatannya tidak terlalu sulit. Termasuk dalam hal pakannya.

Nah, bagi anda yang tertarik budidaya ikan arwana super red ini, tentu harus tahu jenis-jenis pakan yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan ini.

Jenis Pakan Arwana Super Red

Pada dasarnya pakan ikan arwana jenis satu dan yang lain itu sama saja, namun juga ada perlakuan khususnya termasuk pakan untuk jenis tertentu. Begitu juga dengan ikan arwana super red yang juga mempunyai pakan khusus.

Ikan arwana super red ini menyukai makanan  yang berdaging. Makanan hidup merupakan makanan favorit ikan arwana satu ini. Yuph, benar sekali ikan arwana memang dikenal sebagai ikan karnivora. Cukup beralasan mengapa ikan ini suka memangsa pakan hidup mengingat termasuk makanan yang tinggi gizinya. Selain itu, jenis pakan tersebut juga biasanya berenang atau melayang di air, tidak langsung tenggelam di dasar akuarium atau kolam.

Adapun pilihan makanan hidup yang bisa diberikan diantaranya ialah ulat Hongkong, Jangkrik, katak kecil, lalat, udang, cacing darah dan masih banyak yang lainnya. Jika hidup di alam liar, ikan arwana jenis ini juga tidak segan memangsa ikan-ikan kecil, bahkan teman ikan seakuarium pun bisa juga dimangsa oleh ikan arwana ini.

Lalu pilihan pakan yang cocok untuk ikan arwana super red itu apa? Tentu setiap ikan mempunyai preferensi yang berbeda-beda. ada yang suka dengan udang kecil, ada yang suka jangkrik tergantung jenis ikannya masing-masing. Namun yang pasti semua jenis pakan yang disebutkan di atas, termasuk jenis pakan yang umum diberikan. Untuk mengetahui mana yang terbaik bisa anda coba salah satu dan berikan pakan secara teratur.

Namun hal yang perlu diingat ialah jangan monoton ketika anda memberikan pakan. Usahakan bervariasi, bahkan kalau bisa sesering mungkin. Sebagai contoh, anda bisa memberi pakan yang tinggi akan protein, seperti cacing hongkong.

Selain itu, pastikan juga memilih makanan ikan yang kadar karotenoid-nya tinggi. Kandungan tersebut sangat bagus untuk ikan arwana super red karena bisa membuat warna merah pada sisiknya menjadi cerah dan indah. Bisa juga anda padukan dengan pakan buatan yang mempunyai kadar yang dibutuhkan oleh ikan arwana.

Usahakan juga memberikan pakan ikan arwana yang bisa mengapung di permukaan air atau ditengah-tengah air. Jangan berikan pakan yang langsung tenggelam ke dasar akuarium karena ikan arwana jarang sekali memakan pakan yang sudah berada di dasar bawah akuarium.

Makanan yang tidak termakan tersebut akan membusuk dan bisa mempengaruhi kondisi airnya. Selain itu, tentunya juga membuang sia-sia pakan ikan arwana tersebut.

Untuk ikan arwana dewasa, anda bisa memberikan pakan ikan kecil atau udang 1 hingga 2 kali sehari. Lakukan hingga ikan arwana tersebut terlihat bosan. Setelah panjang ikan mencapai 30 cm, anda bisa mengurangsi pakan dengan memberikan pakan setiap dua hari sekali.