Mengenal Habitat Asli Ikan Arwana Super Red

Habitat Asli Ikan Arwana Super Red – Tentu sebagian besar dari anda sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya ikan arwana? Yuph, ikan yang satu ini merupakan terkenal dengan julukan rajanya ikan hias. Tidak mengherankan jika ikan ini mendapatkan julukan sebagai raja ikan hias mengingat ikan ini mempunyai harga yang cukup mahal dibandingkan dengan ikan hias yang lainnya. Selain itu, keberadaan ikan yang langka juga mempunyai ikan mempunyai daya tarik tersendiri bagi para kolektor ikan hias.

Nah, jika berbicara mengenai jenis ikan arwana ini, memang ada cukup banyak yang bisa disebutkan. Namun yang paling banyak dicari dan diklaim mempunyai harga yang paling tinggi ialah ikan arwana super red. Ikan arwana super red ini merupakan salah satu ikan arwana yang asli dari Indonesia. Meskipun beberapa waktu yang lalu sempat ada Negara yang meng-klaim keaslian ikan arwana ini dari Indonesia.

Ikan arwana super red ini asli dari Indonesia, tepatnya di pulau Kalimantan. Karena peminat ikan ini yang begitu banyak, bahkan hingga sampai persediaannya menipis, maka pemerintah melakukan inisiatif dengan membuat danau lindung untuk ikan arwana super red.

Seperti apa sih danau lindung ikan arwana super red itu? Simak ulasannya sebagai berikut.

Danau Lindung Empangau, Habitat Asli Arwana Super Red

Danau Lindung Empangau merupakan salah satu danau yang ditetapkan sebagai danau lindung sebagai habitat alami ikan arwana super red. Danau ini berlokasikan Kalimantan Barat, tepatnya di Kabupaten Kapuas Hulu.

Warga setempat menyebut ikan arwana super red ini dengan nama siluk merah. Ikan itu sendiri di daerah asalnya menjadi ikan yang cukup langka. Hal tersebut karena harganya yang selangit sehingga banyak diburu dan dijual. Alasan itu juga yang membuat pemerintah setempat menetapkan danau lindung sebagai habitat asli ikan arwana super red.

Memang tidak dapatkan dipungkiri bahwa penghasilan warga setempat memang mengandalkan alam sebagai mata pencaharian utamanya. Masyarakat bergantung pada alam. Tidak sedikit dari mereka yang membudidayakan ikan super red arwana ini beserta juga dengan ikan lain seperti ikan jelawat, belida dan ikan tomang.

Ketergantungan pada alam sebagai sumber penghasilan utama ini memang perlu diberlakukan aturan. Dengan kata lain, masyarakat setempat digandeng untuk membudidayakan serta melestarikan ikan arwana agar keberadaan tetap banyak, atau jumlahnya tidak menurun.

Danau Lindung ini mempunyai luas 120 ha dengan kedalaman danau yang bervariasi mulai dari 3 meter hingga 21 meter. Pengelola danau lindung ini menggandeng kelompok masyarakat sekitar untuk mengelola pelestarian ikan arwa super red ini.

Danau ini memang tepat dipilih sebagai danau lindung mengingat kondisi air yang pas, agak gelap namun tetap bersih. Hal tersebut sangat disukai oleh ikan arwana karena sinar matahari yang masuk ke kolam bisa tersaring terlebih dulu. untuk bisa sampai ke danau lindung ini, anda bisa berangkat lewat Putussibau dengan menggunakan perahu cepat. Dengan lama perjalanan kurang lebih 3 jam, maka  anda akan sampai ke tempat tersebut.

Nah, itulah danau Empangau yang merupakan habitat alami ikan super red. Dengan adanya danau lindung tersebut, maka ikan arwana diharapkan akan bisa lebih baik populasinya dan tidak punah. Ikan arwana yang jumlah semakin menurun ini tentunya menjadi tanggung jawab bersama.