Mengapa Harga Ikan Arwana Mahal?

Harga Ikan Arwana – Tentu anda sudah tidak asing lagi bukan bukan dengan ikan Arwana? Yuph, ikan arwana salah satu jenis ikan hias air tawar yang mempunyai harga selangit. Harga ikan arwana ini terkadang tidak masuk akal dan mengherankan, terlebih dikalangan umum. Mengingat hanya seekor ikan harganya bisa menyamai harga mobil bekas keluaran terbaru.

Namun, mahalnya harga ikan arwana tersebut tentu dimaklumi oleh para pecinta ikan arwana maupun kolektornya. Ikan ini mempunyai nilai tersendiri, yang mana membuat harganya selangit. Bahkan tidak sedikit yang menjadikan ikan ini sebagai bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan.

Nah, dalam kesempatan ini, saya akan memberikan beberapa penjelasan mengapa harga ikan arwana kok selangit. Anda penasaran? Simak ulasannya berikut ya.

Alasan Harga Ikan Arwana Selangit

Sebelum membahas lebih jauh mengenai harga ikan arwana, perlu diketahui bahwa ada cukup banyak jenis ikan arwana yang mana tiap jenis ikan tersebut mempunyai harga yang berbeda-beda. mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Namun secara umum, ada beberapa alasan mengapa harga ikan arwana mahal dan diantaranya ialah sebagai berikut:

1.     Dipercaya sebagai Pembawa Keberuntungan

Entah ini benar atau tidak, namun faktanya memang begitu. Cukup banyak orang, khususnya yang juga percaya akan fengshui, menganggap bahwa ikan arwana ini membawa keberuntungan. Menurut, Feng Shui, ikan arwana ini merupakan symbol kemakmuran, kegembiraan, dan kesehatan. Maka tidak mengherankan, jika tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan uang banyak untuk membeli seekora ikan arwana.

2.     Membutuhkan Perawatan Intensif

Alasan lainnya yang membuat harga ikan arwana ini mahal tidak hanya karena Feng Shui saja, namun karena perawatan ikan hias ini juga tidak mudah dan membutuhkan waktu yang banyak dalam pemeliharaannya, membuat harga ikan ini juga mahal.

Dibandingkan dengan jenis ikan tawar lainnya, memang pemeliharaan ikan arwana ini tidaklah mudah. Ketika anda memutuskan untuk memelihara ikan ini maka harus sudah punya tempat yang standard serta pengetahuan yang cukup. Mengingat jenis ikan harus tetap terjaga kesehatan serta ikannya mudah stress. Jika ikan sudah stress, tentu akan mempengaruhi perkembangan serta pertumbuhannya. Bisa-bisa ikan mati dan tentunya itu akan merugikan anda, terlebih harga ikan arwana yang tidak murah.

Ikan arwana juga membutuhkan lampu penerangan yang cukup, tidak boleh terlalu terang maupun gelap. Adanya lampu ini merupakan syarat wajib dalam memelihara ikan arwana karena juga akan mempengaruhi keindahan ikan yang mana berbanding lurus dengan harga jual ikan yang semakin tinggi.

Begitu juga dengan pakan, yang harus benar-benar diukur kuantitas serta pastikan memberikan pakan secara rutin. Jangan terlalu banyak serta tidak boleh terlalu sedikit.

3.     Langka

Alasan lain mengapa ikan arwana harganya mahal karena keberadaanya yang langka. Ikan arwana berasal dari sungai besar, rawa serta beberapa tempat lainnya yang membuat ikan ini sulit untuk ditangkap. Tidak hanya itu saja, pergerakan ikan ini yang gesit juga membuat orang susah untuk bisa menangkap ikan ini.

Selain itu, reproduksi ikan arwana yang berbeda dengan ikan air tawar pada umumnya, yang mana cenderung lebih sedikit telurnya. Hal-hal itulah yang membuat ikan arwana ini langka dan membuat harga jual ikan ini selangit. Semakin banyak kolektor ikan arwana yang mencarinya, namun tidak sebanding dengan persediaan juga membuat harga ikan ini naik secara drastic.