Kenali Teman Seakuarium Ikan Arwana Super Red

Teman Seakuarium Ikan Arwana Super Red – Ikan arwana memang dikenal sebagai ikan soliter, atau ikan yang biasa hidup sendiri. Namun meskipun dikenal sebagai ikan penyendiri, bukan berarti ikan arwana ini tidak bisa hidup dengan ikan yang lainnya. Termasuk juga ikan arwana super red ini, ikan ini memang dikenal sebagai ikan soliter juga, namun juga bisa hidup berdampingan dengan ikan lainnya.

Tentu membudidayakan ikan arwana super red dengan ikan lainnya, disatu sisi bisa menghemat tempat dan perawatan, karena dalam satu tank bisa digunakan oleh berbagai ikan dengan beragam jenis. Namun disisi lain, ternyata jika tidak bisa memilihkan teman yang tepat, maka bisa-bisa membuat ikan stress bahkan saling mangsa satu dengan yang lainnya.

Atas dasar itulah, perlu memilih teman seakuarium ikan arwana super red. Nah, ikan apa saja sih yang bisa hidup berdampingan dengan ikan arwana super red? Simak ulasannya sebagai berikut.

Teman Seakuarium Ikan Arwana Super Red

Jika anda ingin memelihara ikan arwana dengan jenis ikan yang lainnya, maka hal pertama yang perlu anda siapkan ialah media budidaya ikannya, bisa akuarium besar atau lebih direkomendasikan menggunakan media community tank.

Yuph, community tank ini merupakan media yang khusus didesain untuk membudidayakan ikan hias dengan beragam jenis ikan, termasuk ikan arwana. Ukurannya yang cukup besar, sehingga direkomendasikan.

Setelah anda mempunyai media budidayanya, maka langkah selanjutnya ialah memilih teman ikan arwana super red yang tepat. Perlu diketahui bahwa mencari teman ikan arwana ini tidak mudah, dan juga tidak sulit. Ikan arwana terkenal dengan sifatnya yang temperamen dan mudah stress. Dengan kata lain, ketika anda ingin menambahkan ikan pilhlah yang bisa beradaptasi dengan ikan arwana super red. Hal tersebut karena sifat ikan arwana yang sering bertingkah tak terduga.

Lalu jenis ikan apa saja yang pas sebagai teman seakuarium ikan arwana super red?

Untuk jenis ikannya bisa Oscar, knifefish, blood parrot, convict cichlid, angelfish, pleco besar, catfish, green terror, dan ikan pari. Ikan-ikan tersebut bisa menjadi teman yang cocok untuk jenis ikan arwana super red.

Penting untuk diketahui, ikan arwana mempunyai mulut yang besar, sehingga bisa memangsa apapun yang berada di sekitarnya, termasuk ikan-ikan lain yang berukuran kecil atau lebih kecil darinya. Maka dari itu, hindari memilih teman yang mempunyai ukuran lebih kecil seperti ikan guppy, tetra dan ikan-ikan ukuran kecil lainnya.

Ikan-ikan kecil beserta dengan hewan invebrata yang bentuknya kecil tidak jarang menjadi camilan terbaik bagi ikan arwana. Terlebih bagi ikan yang suka berenang di bagian atas air yang mana bisa mengganggu ikan arwana maka akan langsung dimangsa.

Karena sifatnya yang temperamen, ikan arwana super red ini terkadang sering bertengkar dengan teman seakuariumnya. Ketika anda melihatnya, maka segera mungkin anda harus memisahkan dengan ikan arwana tersebut.

Setiap ikan arwana juga mempunyai sifat-sifatnya masing-masing, maka dari itu, dalam memperlakukan ikan arwana ini tidak boleh disamaratakan. Sebisa mungkin anda selalu mengawasi ikan arwana tersebut.

Solusi Menyatukan Ikan Arwana Super Red

Jika anda ingin memelihara ikan arwana super red dengan ikan lainnya, maka usahakan jangan sampai 6 ekor. Karena sangat berpotensi memicu perkelahian. Namun memang lebih direkomendasikan untuk dipelihara sendiri-sendiri.